Monday, 31 January 2011

Metode INKUIRI


Inkuiri berasal dari bahasa Inggris yaitu inquiry yang berarti pertanyaan atau pemeriksaan, penyelidikan. Inkuiri merupakan proses umum yang dilakukan manusia untuk mencari atai memahami informasi.
Oemar Hamalik (1999) menyatakan bahwa pengajaran berdasarkan inkuiri (inquiry based teaching) adalah suatu strategi yang berpusat pada siswa (student-centered-strategy) dimana kelompok-kelompok siswa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan didalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Kasau, 2009: 10).
Aunurrahman (dalam Kasau, 2009: 10) menyatakan bahwa pembelajaran melalui metode inkuiri, siswa diarahkan  pada suatu proses dalam rangka mengkaji dan menjelaskan suatu fenomena khusus. Tujuannya adalah mengembangkan keterampilan intelektual yang diperlukan untuk mengajukan pertanyaan dan menemukan jawabannya berdasarkan rasa ingin tahunya. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa aktif mengajukan pertanyaan “mengapa suatu terjadi?” kemudian mencari dan mengumpulkan serta memproses data secara logis untuk selanjutnya mengembangkan strategi intelektual yang dapat digunakan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mengapa sesuatu terjadi.
Peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai motivator, fasilitator, dan mediator. Oleh karena itu, keterampilan yang harus dikuasai guru antara lain:
1.      kemampuan metodologi dan pemikiran teoritik;
2.      kemampuan meneprapkan konsep; dan
3.      kemampuan memberikan apresiasi.
            Metode inkuiri adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan metode dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode inkuiri dapat dilakukan secara individu, kelompok atau klasikal, serta dengan cara tanya-jawab, diskusi atau kegiatan yang dilakukan di dalam  maupun di luar kelas.
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan menurut Gulo (Kasau, 2009: 10) adalah :
1.      mengajukan pertanyaan atau permasalahan;
2.      merumuskan hipotesis;
3.      mengumpulkan data;
4.      analisis data; dan
5.      menarik kesimpulan.

2 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa......Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar yang macam - macam saya hapus

 
Powered by DIAN ISNAN RASBURHANY