BY : DIAN ISNAN RASBURHANY

Rabu, 02 Februari 2011

CONTOH ABSTRAK SKRIPSI


ABSTRAK

Muhammad Taufik. Analisis Diksi dalam Lirik Lagu Padi (dibimbing oleh Drs. Ikhwan Said, M. Hum. dan Dra. Jasmani Tahir, M. Hum.)

Diksi merupakan unsur terpenting dalam sebuah karya. Diksi berkaitan dengan kemampuan memilih kata-kata yang cocok dalam mengungkapkan suatu ide atau gagasan. Selain itu, pilihan kata juga mencakup pemilihan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa kata yang dipilih hendaknya diperhatikan. Lagu merupakan salah satu penggunaan bahasa dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui lirik-lirik yang terdapat dalam lagu pengarang dapat menyampaikan gagasan yang dapat mewakili ide-ide atau gagasan tersebut. Hal ini dapat dilihat pada pilihan kata yang digunakan oleh grup musik Padi dalam sejumlah lirik lagunya.
Penulisan Diksi Dalam Lirik Lagu Padi dilakukan dengan menggunakan pendekatan semantik, ruang lingkupnya berfokus pada kata-kata yang bermakna asosiatif. Metode pengumpulan data dalam penulisan ini menggunakan metode simak, adapun teknik yang digunakan ialah teknik catat. Dalam analisis data menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan bahasa sebagaimana adanya.
Pembahasan dalam penulisan skripsi ini mencakup persyaratan diksi  yaitu syarat ketepatan, kesesuaian, dan kelaziman yang digunakan Padi dalam lirik lagunya. Pada lirik lagu Padi terlihat pemilihan sejumlah kata sebagai upaya pengungkapan ide-ide atau gagasan pengarannya. Berdasarkan syarat ketepatan, sejumlah kata yang dipilih dalam lirik lagu Padi dapat secara tepat mengungkapkan gagasan atau ide pengarangnya. Dalam syarat ketepatan, terlihat sejumlah kata tersebut sesuai penggunaannya dalam konteks yang ditampilkan dalam lagu tersebut. Akan tetapi, berkaitan dengan syarat kelaziman, terlihat penggunaan sejumlah kata yang kurang lazim dalam pemakaiannya sehari-hari. Dengan demikian, pilihan kata yang digunakan dalam lirik lagu Padi lebih cenderung memperlihatkan penggunaan kata-kata yang tepat dan sesuai, meskipun di dalamnya juga terlihat penggunaan kosakata yang dianggap kurang lazim pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari

2 komentar:

J BLACK GOENAWAN mengatakan...

thanks gan,,,,,dapat apresiasi nih gw....

Anonim mengatakan...

boleh tanya gak min?

Kalimat abstraksi itu cirinya bagaimana ya?

Poskan Komentar

Jangan lupa......Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat dan maaf komentar yang macam - macam saya hapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by DIAN ISNAN RASBURHANY